Right Button

test
SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI MATA TINTA NUSANTARA

Cari solusi penyebab sering terjadinya banjir, Babinsa Koramil-03/SS dampingi perangkat Nagari tinjau saluran Drainase dan lokasi penggalian tanah

Padang Pariaman| MTN.com -- Patamuan-Demi mengantisipasi sering terjadinya bencana banjir diwilayah binaannya Korong Simpang Tigo Koto Mambang Nag. Kampuang Tanjuang Koto Mambang Sungai Durian (KKS) Kec. VII Koto Patamuan pasca turun hujan deras. Perangkat Nagari, Niniak Mamak bersama Babinsa Koramil-03/SS Kodim 0308/Prm Sertu Ermansyah Putra melaksanakan peninjauan disaluran Drainase pada kiri kanan jalan dan lokasi proyek Galian Tanah yang berada diwilayah Korong Simpang Tigo Koto Mambang. Kamis (09/05/2024)

Kegiatan Peninjauan ini dilaksanakan untuk mengetahui penyebab sering terjadinya banjir, sekaligus untuk mencari solusi yang tepat dalam mengatasi permasalahan yang sudah dikeluhkan oleh warga sejak beberapa bulan yang lalu. Wali Nagari Kampuang Tanjuang Koto Mambang Sungai Durian (KKS) bapak Khairunnas yang turun langsung dalam meninjau lokasi tersebut bersama Niniak Mamak Jahardi Dt Sati dan Babinsa, menemukan fakta dilapangan bahwa penyebab seringnya terjadi banjir pasca turun hujan adalah akibat banyaknya material pasir dan sampah yang menumpuk didalam saluran Drainase tersebut serta tidak adanya kolam resapan yang dimiliki oleh pihak proyek sehingga air tidak tertampung oleh parit yang kecil dan dikarenakan terjadinya pendangkalan parit.

Hal itulah yang kemudian menyebabkan luapan air dari saluran drainase sehingga menyebabkan banjir diwilayah Simpang Tigo Koto Mambang sekitarnya sehingga masuk keperumahan warga. ”Setelah kita lihat langsung kondisi saluran drainase diwilayah ini, kita tentu dapat membuat kesimpulan bahwa penyebab utama sering terjadinya banjir disekitar simpang koto mambang adalah dikarenakan tidak tersedianya kolam resapan dilokasi tambang dan karena kondisi saluran drainase yang dipenuhi material pasir dan sampah.

Untuk itu, kita akan segera menghimbau pihak proyek agar segera membuat kolam resapan serta melakukan pembersihan dan pengerukan disepanjang saluran drainase ini untuk membersihkan seluruh material maupun sampah yang tersangkut disaluran drainase ini. ”ujar Wali Nagari Kampuang Tanjuang Koto Mambang Sungai Durian (KKS) setelah selesai meninjau kondisi saluran drainase tersebut.

Ditempat yang sama, Babinsa Koramil-03/SS Sertu Ermansyah juga mendukung penuh rencana Wali Nagari tersebut. “Kita harap agar rencana kegiatan pembersihan ini bisa segera kita laksanakan, tentunya agar pengguna akses jalan propinsi ini serta warga Korong Simpang Tigo Koto Mambang yang bermukim disekitar saluran drainase ini tidak lagi terganggu aktifitasnya pasca turun hujan, akibat meluapnya air parit dan menggenangi jalan serta rumah warga.” ungkap Babinsa Koramil-03/SS Sertu Ermansyah diakhir kegiatan.(bg)

Posting Komentar

0 Komentar