Right Button

test
SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI MATA TINTA NUSANTARA

Karya SMKN 10 Padang "Bubu Alat Tangkap Ikan Ramah Lingkungan Dan Tidak Mengganggu Ekosistem Laut


Padang | MTN.Com - Bubu adalah alat tangkap ikan yang dibuat dari jaring dan besi dengan bentuk yang dirancang sedemikian rupa, sehingga ikan dapat masuk dan tidak bisa keluar lagi.

SMK N 10 Padang Bekerjasama dengan PT.Krida dan PT.Asia Makmur rezeki di Cirebon bergerak di bidang usaha penangkapan ikan yang tidak berisiko terhadap ekosistem laut, dan Bubu ini sudah di uji coba oleh nelayan di perairan pantai Padang, ternyata hasil tangkapan nya sangat luar biasa dan punya nilai jual yang tinggi, seperti Udang Lobster, ikan karang yang harga jual nya tinggi, kata Ir.Herawaty saat di wancara beberapa media di ruangan kerjanya, Senen Kemaren.

Alat-alat tangkap ikan Bubu ini adalah alat tangkap ikan yang sederhana yang sudah di motifikasi berkerangka besi dibungkus dengan jaring berbentuk persegi panjang ada pintu masuk ikan sehingga ikan tidak bisa keluar lagi, terbuat dengan bahan yang sangat sederhana dan tidak mahal, ujar Hera.

Sementara untuk pemasarannya, Karena keterkaitan kepada nelayan maka pemasarannya akan kita arahkan ke nelayan - nelayan melalui Dinas perikanan kota Padang, semoga Dinas perikanan tertarik. Karena alat-alat tangkap ikan ini ramah lingkungan, Alat tangkap yang tidak mengganggu ekosistem laut dan bagus untuk dikembangkan dan mengoperasikannya tidak perlu harga mahal, dengan meletakkan ke dasar laut selama beberapa hari sudah menghasilkan, ungkapnya.

Sementara untuk hasil dari tangkapan, kami jual ke penampungan yang ada di Muara Padang, dan ternyata lobster itu harganya sangat mahal. Karena sekolah kita merupakan hasil TEFA (Teaching factory) , SMK itu menghasilkan dari teaching factory nya, sekarang SMKN 20 sudah SMK BLUD maka semua pemasukan pemasukannya kita catat dan kita laporkan ke pemerintah, jelas Hera.

 Target kita kedepannya, karena kami punya daya dukung, berada di wilayah pesisir pantai dan dimana setiap perairan kita akan beri Bubu, melalui dinas kelautan kota Padang, bapak bapak dewan dengan dana pokirnya membantu nelayan kita siap untuk membuatkan Bubu, harap Hera.( Bg)

Posting Komentar

0 Komentar