Right Button

test
SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI MATA TINTA NUSANTARA

Pelaksanaan Minang Day SDN 18 Kampung Durian Di Senangi Murid Dan Guru," Menampilkan Tari Serampag 12 Dan Tari Indang

Padang | MTN.Com -- Pelaksanaan Minang Day SDN 18 Kamp.Durian Aurduri kecamatan Padang Timur sudah berjalan selama tiga Minggu dengan memperagakan kesenian Minang, salah satunya menampilkan tari Serempang 12 dan tari Indang yang di bawakan oleh siswa kelas Lima dan Enam.

Dan ini merupakan tindak lanjut PKBAM atau Pendidikan Karakter Budaya Alam Minangkabau. Dan sekolah juga mengajak anak-anak untuk peduli dan mengetahui tentang budaya Minangkabau, kata Kepsek SDN 18 Kampung Durian Aurduri kecamatan Padang Timur Haminah S.Pd kepada media Matatinta Nusantara.Com, Rabu, 13/9/23.

Lebih lanjut kata Minah, kegiatan Minang Day ini merupakan program Wali Kota Padang bekerja sama dengan dinas pendidikan dengan tujuan mengingatkan kembali para siswa tentang budaya Minangkabau agar siswa mengetahui sumbang 12, kato nan ampek, yakni, mendaki, mendata, melereng dan Manurun.

Melalui kegiatan ini, kita ingin melestarikan budaya Minangkabau sekaligus mengajak siswa peduli budaya Minangkabau tersebut. Karena saat ini sudah banyak budaya Minang yang hilang, untuk itu mari kita bangkitkan tradisi Minang seperti tempo dulu, ujar Minah.

Minang Day kita laksanakan setiap hari Selasa berpakaian baju basiba, berbahasa Minang, satu hari itu semua kegiatan kita lakukan berkaitan dengan budaya Minang kabau.

Dan Alhamdulillah kita masih mengacu ke alam Minangkabau, dengan berbahasa minang siswa siswa kita lancar dan senang berbahasa Minangkabau itu sendiri.

Masih kata Nina, jumlah murid kita keseluruhan 286 murid, dengan 11 rumbel delapan lokal , jadi kita masih kekurangan tiga lokal, dengan pembelajaran dua sif, pungkas Minah Mengakhiri.( Bunga)

Posting Komentar

0 Komentar