Right Button

test
SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI MATA TINTA NUSANTARA

GURU SMA DAN SMK CABANG SURABAYA YAYASAN HANG TUAH IKUTI WORKSHOP KEBAHARIAN

Surabaya, (17/05) | Para pengampu matapelajaran Kebaharian di lingkungan SMA dan SMK dari satuan pendidikan Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah selama dua hari (16-17 Mei) 2024 mengikuti workshop Kebaharian dengan tema " PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN LITERASI PARA GURU KEBAHARIAN DI YAYASAN HANG TUAH TUAH  CABANG SURABAYA" yang diselenggarakan oleh Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya berlangsung di SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo.

Workshop dibuka oleh  Ketua Pengurus  Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah Kolonel Laut (KH) Suryanto Hadiwidodo, S.Si., M.Pd., CTMP., CHRMP didampingi oleh Dekan Fakultas Teknologi Ilmu Kelautan Dr. Ir. Nuhman, M.Kes. Keberadaan workshop yang berlangsung di SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo berkat tangan dingin Kasatdik SMA Hang Tuah 2 Hadi Sukiyanto, S.Pd., M.M yang membuka lebar-lebar sarana dan prasarananya sekolahnya guna mendukung terlaksananya workshop  tersebut.

Selama berlangsung workshop hadir dua narasumber dari Universitas Hang Tuah , Dr. Giftania.S, M.S.Apt dari Prodi Farmasi F.K dan Mahmiah, S.Si, M.Si dari Prodi Oceanografi FTIK, adapun peserta yang hadir merupakan guru kebaharian dari SMA Hang Tuah 1, SMA Hang Tuah 2, SMA Hang Tuah 4, SMA Hang Tuah 5, SMK KAL-1, SMK KAL-2 , SMK Farmasi Kesehatan Hang Tuah masing-masing masing 2 guru dan di dampingi oleh para Kasatdik masing- masing.

Ketua Pengurus  Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah Kolonel Laut (KH) Suryanto Hadiwidodo, S.Si., M.Pd., CTMP., CHRMP berharap agar kegiatan ini dapat menambah kompetensi pengetahuan kita  bahwa sebagai negara maritim terbesar di dunia , segala potensi kekayaan laut Nusantara perlu digali secara optimal sebagai modal  pembangunan menuju Indonesia Emas 2045.

Ditambahkan oleh Kapeng YHT tersebut bahwa  Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan  sebagai pemegang kendali regulasi pendidikan di Indonesia, mempunyai peran penting untuk menyusun strategi dalam mengimlpetasikannmata pelajaran  kemaritiman  dalam kurikulum nasional sebagai kurikulum adaptif atau merdeka belajar.

Disamping itu meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik pada bidang kemaritiman, untuk menanamkan  dan menumbuh kembangkan karakter bahari diperlukan Prodi khusus pendidikan kemaritiman untuk menciptakan profil pendidik. penguatan karakter bahari dalam membentuk SDM yang Unggul di bidang maritim disesuaikan dengan kondisi negara dan visi maritim Indonesia, budaya bahari dan kebijakan pemerintah dalam pengembangan kemaritiman.

Dalam penyampaian materi, kedua   narasumber tersebut menyampaikan tentang pengenalan mangrove,  senyawa aktif dalam mangrove,  pemanfaatan mangrove, skrining Fitokimia mangrove. Dalam kesempatan tersebut ada beberapa mahasiswa UHT yang turut workshop sekaligus menyampaikan pengalamannya dalam penelitian di hutan mangrove kota Surabaya.

Pada siang dan sore hari  peserta workshop mengadakan praktikum dan penelitian di ruang laboratorium kimia SMA Hang Tuah 2 dengan materinyang telah di dapat pada sesi pagi hari berupa penelitian hasil skrining  fitokimia daun mangrove , pada kesempatan paparan tersebut Slamet Riyadi, S.Pd guru kebaharian  dari SMK KAL-1 mendapatkan predikat pemapar terbaik dari tim penilai Universitas Hang Tuah Surabaya.

(yht/dar)

Posting Komentar

0 Komentar