Right Button

test
SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI MATA TINTA NUSANTARA

Kegiatan Keminangkabauan SDN 02 Lubuk Buaya Menampilkan Kesenian Dan Permainan tradisional Minang

Padang | MTN.com -- Usai dicanangkan walikota Hendri Septa muatan lokal keminangkabauan September 2023 lalu, terus dipraktikkan dan direfleksikan di seluruh sekolah di Kota Padang.

Guru dan Siswa SD Negeri 02 Lubuk Buaya Padang, menampilkan kreativitasnya kesenian dan permainan tradisional Minangkabau,di halaman sekolah,Selasa (16/01/24).

Santi Rahmadani S.Pd.I., M.A, kepala sekolah SD Negeri 02 Lubuk Buaya Padang menyampaikan kepada para media, yang mana kegiatan Muatan lokal Keminangkabauan ini adalah wujud bagaimana menanamkan nilai ke arifan lokal dan memperkenalkan budaya Minang ke generasi penerus.

Dalam.kegiatan ini murid murid SDN 02 Lubuk Buaya Padang menampilkan seluruh aktivitas Minang kabau seperti Randai,Silat, tari tradisional , solo song, pantun berbahasa Minang, dan permainan tradisional Minang.

Adapun permainan tradisional Minang yang dimainkan yakni, tapak orok, permainan kajai, kegiatan ini kita laksanakan satu kali seminggu setiap hari Selasa dengan tampilan yang berbeda sesuai program yang dibuat oleh koordinator sekolah , ujar Santi.

Tari yang kita tampilkan hari ini Adalah Tari Cewang dibawakan oleh latisha murid kelas III b, tari langkah sakato dibawakan murid Kelas V, dan Solo song di bawakan murid kita bernama Anaya, jelasnya.

selama ini murid murid tidak begitu mengenal dengan tarian tradisional yang mereka tahu hanya tarian pembukaan ketika acara, dan Alhamdulillah sejak diadakan mulok Keminangkabauan mereka sudah mengenal beragam kesenian tari tradisional Minang.

Usai pelaksanaan kegiatan kepala sekolah berserta guru memberikan hadiah berbentuk pensil kepada murid perempuan yang memakai tengkuluk dan murid lelaki yang memakai Deta.

Dengan adanya mata pelajaran Keminangkabauan ini anak-anak di Kota Padang kedepannya dapat memahami tentang Minang kabau serta pakaian khas Minang seperti tengkuluk, harap Santi mengakhiri ( bg)

Posting Komentar

0 Komentar