Right Button

test
SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI MATA TINTA NUSANTARA

Keren! Kegiatan Keminangkabauan SDN 35 Parak karakah Padang Timur" Memperkenalkan Makanan Tradisional" Onde - Onde

Padang | MTN.Com - Keren! Kegiatan Keminangkabauan SDN 35 Parak karakah Padang Timur" Memperkenalkan Makanan Tradisional" Onde - Onde dan beberapa makanan lainnya kepada siswa-siswi, Selasa, 4/10/23 di halaman sekolah SDN 35 Parak karakah dalam acara Minang Day.

Kegiatan ini di ikuti semua murid dan guru bertujuan untuk melestarikan budaya Minangkabau, menjelaskan tentang kato nan ampek, kato mandaki, kato mandata, kato Manurun, kato malereng, setiap kato nan ampek ini mempunyai arti masing masing, dan terhadap siapa kita tujukan. Serta memperkenalkan makanan tradisional berupa Onde - Onde,  kita kenalkan onde onde ini terbuat dari apa dan isi nya juga terbuat dari apa, hingga murid murid memahami kue tersebut.

Hal ini disampaikan oleh kepala SDN 35 Parak karakah Padang Timur Fatmawati S.Pdi, kepada media Matatinta Nusantara.Com melalui WhatsApp, Jumat, 6/10/23. Dengan adanya keminangkabauan ini murid murid agar menjadi anak yang berbudi dan elok ke pribadinya sehingga terbentuk karakter lebih baik lagi dengan berdasarkan Adat basyandi Sarak Sarak Basyandi kitabullah.

Lebih lanjut kata Fatmawati, selain memperkenalkan makanan tradisional, kita juga menampilkan Tari Tradisional seperti tari batok kelapa, berbagai Lagu Daerah Minang Kabau yang di tampilkan oleh murid dan guru, serta Patatah Petitih Minang Kabau. Mengangkat kembali nilai Keminang Kabauan agar bisa di pahami.

Dengan adanya kegiatan ini saya berharap agar murid - murid SDN 35 Parak Karakah bisa melestarikan dan membumikan adat Minangkabau. Dan  dapat mewariskan ke generasi mereka dimasa akan datang dalam menghadapi tatangan Zaman yang semakin maju dan menglobal  dalam berbagai bidang mempunyai banyak pengaruh yang tidak sesuai dengan budaya kita orang Timur, pungkas Fatmawati mengakhiri.(bunga)

Posting Komentar

0 Komentar