Right Button

test
SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI MATA TINTA NUSANTARA

Kepsek SDN 15 Lolong Yetnitawati S.Pd, Minang Day" Menghidupkan Kembali Keminagkabauan

Padang | MTN.Com -- Kepala SDN 15 Lolong Yetnitawati S.Pd, menyampaikan kepada awak media di ruangan kerjanya, Senen, 18/9/23, Minang Day mulai terlaksana pada bulan Agustus 2023 dengan adanya pencanangan walikota menghidupkan kembali keminangkabauan yang selama ini kurang semarak dan sekarang di buat bertambah semarak, betul betul di aktifkan kembali, bahkan dimasukan ke dalam kurikulum ke arifan Minangkabau dan insyaallah akan launching pada Selasa, 19 September 2023 di Air Pacah.

Dan ini sangat bagus sekali, terutama saya sebagai kepala sekolah sangat mendukung. Minang Day ini dilaksanakan karena anak anak kita jaman sekarang sudah banyak yang tidak mengetahui tradisi Minang, etika, musik dan sebagainya, dengan adanya Minang Day yang kita laksanakan sekali seminggu anak anak kita perlahan lahan akan mengerti apa itu Minangkabau, ungkap Yet

Lebih lanjut kata Yet, Untuk memantapkan program Minang Day SDN 15 Lolong Kota Padang, setiap hari Selasa melakukan kegiatan yang berhubungan dengan nuansa Minang, seperti berbahasa Minang, memakai pakaian Minang, bagi perempuan memakai baju basiba yang dilengkapi dengan tanduk atau tengkuluk, untuk lelaki memakai baju taluak balango disertai kain sarung.

Yet juga menjelaskan, Disamping itu  ada enam program yang akan kita laksanakan di Minang Day ( keminangkabauan) yakni, pantun berbalas pantun, pepatah petitih, tari tradisional, lagu daerah, makanan tradisional, dan permainan daerah, dibawakan oleh masing-masing kelas setiap hari Selasa. Dan khusus hari Selasa baik itu guru, anak-anak berbahasa Minang dalam kelas maupun di luar kelas.

Dan Alhamdulillah Minang Day ini di sambut baik oleh anak anak, bahkan mereka sangat antusias mereka mengikutinya, apalagi kegiatan ini diadakan di halaman sekolah. Kita juga mengajarkan kepada anak anak bagaimana berbahasa yang baik, seperti kato nan ampek, kato malereng, kato Manurung,kato mandaki, kato mandata, termasuk juga pembelajaran tentang sumbang 12 ,jelas Yet.

Selanjutnya kata Yet, Disamping pembelajaran Minang Day, kami SDN 15 setiap hari Jumat kami mengadakan kultum, dari kelas satu sampai kelas 6, dengan penceramah guru agama yang ada di sekolah, berlangsung selama setengah jam sebelum masuk kelas, sementara untuk kelas empat, lima dan enam diadakan sholat jamaah di sekolah, pungkasnya mengakhiri. ( Bunga)

Posting Komentar

0 Komentar