Right Button

test
SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI MATA TINTA NUSANTARA

Pentingnya Peran Posyandu Dalam Percepatan Penurunan Angka Stunting

Padang | MTN.Com -- Pentingnya Peran Posyandu Dalam Percepatan Penurunan Angka Stunting dan menanggulangi masalah kesehatan dalam masyarakat Sumbar untuk mewujudkan masyarakat sehat dan berkualitas.kita perkuat peran Posyandu sebagai Lembaga Kemasyarakatan Desa.

Ini disampaikan oleh Anggota DPRD Provinsi Sumbar dari fraksi PAN dengan Dapil Sumbar 6 Deswanto, SE dalam Bimbingan Teknis ( Bimtek) Posyandu angkatan VII tahun 2023 yang diadakan selama 3 hari (19 s/d 21/6/2023) di hotel Truntum Kota Padang.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumbar, H.Mahyeldi pada Senin (19/6) dan dihadiri 200 peserta yang berasal dari sejunjung. Kegiatan ini terselenggara dari dana pokir anggota DPRD Provinsi Sumbar Fraksi PAN. Deswanto SE sekaligus ketua komisi V yang membidangi Kesejahteraan,ungkap Deswanto kepada awak media sewaktu diwawancarai.

Masih kata Deswanto, yang mana posyandu memiliki peran strategis dalam menanggulangi masalah kesehatan terutama dalam upaya Percepatan Penurunan angka Stunting dan penurunan angka kematian ibu dan bayi karena Posyandu memiliki jangkauan pelayanan langsung kemasyarakat.

Apalagi masalah Stunting berada diangka 25,1 persen di Sumbar,sedangkan daerah Sijunjung sendiri berada pada angka 30,1 persen, salah satu penyebabnya adalah pernikahan usia dini yang banyak terjadi ditengah-tengah masyarakat yang minimnya tentang pengetahuan sehingga ketika hamil tidak mencukupi gizi sehingga terjadinya hambatan pertumbuhan fisik yang tidak normal (Stunting),

Selanjutnya, kita harus perhatikan kandungan dari mulai kandungan dua hari sampai anak berumur 2 tahun, dan kita harus memperhatikan gizinya, karena berhubungan dengan kondisi fisiknya, masalah otak mungkin bisa kita benahi. Artinya kita ingin mengkroschek data, kenapa hasil Stunting tinggi, lahir secara tidak normal, jelas Deswanto.

Dan kita berharap melalui dinas provinsi, dinas DPMN, supaya data itu konkrit, yang punya data itu adalah Posyandu karena dia yang mengurus ibu dan balita ditengah-tengah masyarakat. Dalam kegiatan ini Stunting menjadi indikator utama dari dinas kesehatan.

Karena yang memegang data dari Posyandu, berapa banyak anak-anak Stunting dibawa, jadi kita perlu mendengarkan.keluhan nya, apa sarana dan prasarana nya sudah kita cukupi, apa peralatan kesehatan sudah dibenahi, ungkapnya (bunga)

Posting Komentar

0 Komentar