Right Button

test
SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI MATA TINTA NUSANTARA

MKKS SMK Provinsi Sumbar Mampu Melahirkan Terobosan - Terobosan Inovatif Untuk Meningkatkan kualitas

Padang | MTN --- Musyawara Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Provinsi Sumatera Barat mengelar rapat koordinasi kepala sekolah SMK Negeri dan SMK Swasta dan sekaligus melantik pengurus MKKS SMK Peride 2023-2025 dengan Mengangkat Tema" Kita Tingkatkan Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah Dalam Pengelolaan Keuangan Dan Kewirausahaan Sekolah" Pelantikan yang berlangsung di Hotel Kriyad Bumi Minang, Kota Padang, Rabu (22/2/2023).

Giat ini di hadiri dan dibuka langsung Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah yang disaksikan langsung oleh Kepala Dinas pendidikan Provinsi Sumatera Barat Drs Barlius, MM dan Kabid SMK Disdik Sumbar, Dr Ariswan, SAg, MPd., Dan seluruh Kepala sekolah SMK se Sumbar.

Adapun pengurus yang dilantik sebanyak 40 orang yakni, ketua Busraini Lubis beserta jajaran lainnya adalah Syamsul Mardan (wakil Ketua), Erizal (Sekretaris) Yunita Rosanti (Bendahara), Jupri (Koordinator Bidang Pengembangan SDM), Dra Evi Fitriani (Koordinator Kelembagaan dan Pengembangan Organisasi), Nofrizal (Koordinator Bidang hukum dan Advokasi), Drs Gusti Kamal (Koordinator Pengembangan Kurikulum dan Kerjasama Industri, Defi Hendri (Koordinator Pendanaan dan Sosial) berserta anggota, sekaligus pelantikan Koordinator MKKS SMK Kabupaten dan Kota Seluruh Sumatera Barat, yakni 19 Ketua MKKS SMK Kabupaten dan Kota, diantaranya Deta Mahendra, Ketua MKKS SMK Kota Padang.

Dalam kata sambutannya Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah, berharap kepala sekolah SMK baik Negeri maupun Swasta bisa meningkatkan kemampuan komunikasi

terhadap pengusaha pengusaha sehingga tamatan SMK ini bisa masuk ke pasar kerja. Serta menyiapkan SDM yang berkualitas sehingga tamatan SMK tidak ada yang menganggur lagi.

Mahyeldi mengaku, saat ini pihaknya sangat serius dalam menekan pertumbuhan angka pengangguran di Sumbar, menurutnya penyesuaian dalam pembukaan jurusan di SMK dengan kebutuhan dunia usaha dapat menjadi salah satu solusi.

Dengan adanya kepengurusan baru ini, Gubernur mengharapkan MKKS SMK bersama Dinas Pendidikan Provinsi dapat melahirkan terobosan-terobosan inovatif untuk meningkatkan kualitas dan keterserapan lulusan di dunia kerja, imbuhnya.

Sementara,kepala dinas pendidikan provinsi Sumatera Barlius juga mendorong MKKS untuk menghimpun masukan dari berbagai pihak untuk selanjutnya menjadi bahan pertimbangan pengambilan kebijakan di Dinas Pendidikan. Dan Kita harapkan MKKS mampu menghimpun berbagai masukan untuk perbaikan kualitas pendidikan di Sumbar, ungkap Barlius.

Sementara ketua MKKS Sumbar yang baru dilantik Drs Busraini Lubis, mengatakan Insyallah kedepannya kita akan bekerja sama dengan industri dan menyiapkan tamatan tamatan SMK yang lebih matang dan diterima oleh industri.

Agar terwujud apa yang diharapkan oleh industri pertama sekali kita akan melakukan kerjasama atau penyelarasan kurikulum dengan seluruh industri sesuai dengan potensi yang ada di sekolah kita masing-masing dan pada akhirnya nanti akan menciptakan tamatan tamatan yang dibutuhkan oleh industri sehingga nanti pengangguran tidak akan ada lagi, ujar Busraini.

Dan kita harus bisa menciptakan inovasi bagaimana nanti tamatan SMK benar-benar sesuai dengan harapan oleh orang industri. Kepala Sekolah harus kreatif dengan kreatifnya kepala sekolah nanti bisa memberdayakan guru-guru yang ada di sekolahnya, sehingga kedepannya guru itu kita matangkan di industri, tutupnya. ( Bg)

Posting Komentar

0 Komentar